POINT CONSULTAN
KONSULTAN
BY, POINT CONSULTANT
Point Consulting Consultant?
Consulting Business Consultant adalah perusahaan yang bergerak di bidang
jasa, master plan bisnis, konsultasi bisnis dan keuangan yang sudah berdiri
sejak tahun 2004 merupakan exspansi dan pengembangan bisnis konsultan yang
telah berdiri serta berjalan sebelumnya, berawal dengan berdirinya PT AGC
(Andromeda Grand Center) dengan pengalaman gabungan senior dari pelaku bisnis
dan consultan murni di era orde baru,
para senior kita untuk menunjang aktivitas banyak berkantor di Jakara
mengingat Jakarta merupakan ibukota dan sebagai center bisnis. Kantor kita di komplek
Bintaro dan BSD. Klien kami sendiri mulai dari perusahaan yang bergerak di
bidang : real estate, migas, tambang, peternakan, perikanan, kehutanan, retail
supply and demand, food and beverage, manufacture, distribusi, entertainment,
edukasi, sevice company, hukum dan publik dll.
Point Consultant memililik beberapa sevice seperti
1. System Operational Prosedure (SOP)
2. Akuntansi
3. Audit Internal
4. Keuangan
5. Pajak
6. Implementasi Software
7. Business Valuation
8. Iso
9. HRD
10. Motivasi
11. Project Consultant
12. Outsoursing Consuktan
Konsultan (istilah alternatif: pakar runding) adalah seorang tenaga
profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam
bidang keahlian tertentu, misalnya akuntansi, pajak, lingkungan, biologi,
hukum, koperasi dan lain-lain. Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli
biasa adalah sang konsultan bukan merupakan pegawai perusahaan sang
penggunalayan (client), melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri
atau bekerja di sebuah perusahaan kepenasihatan, serta berurusan dengan
berbagai pengguna lasung yang dalam satu waktu.
Pengertian lain konsultan/kon·sul·tan/ n ahli yang tugasnya memberi
petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dalam suatu kegiatan (penelitian, dagang,
dan sebagainya); penasihat
Apa itu Konsultan?
Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa
kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya
akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi, dan lain-lain.
Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli biasa adalah sang konsultan bukan
merupakan pegawai perusahaan sang penggunalayang (client) , melainkan seseorang
yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan
kepenasihatan, serta berurusan dengan berbagai pengguna lansung yang dalam satu
waktu.
Menurut kamus, kata consultant berarti "ahli dibidang tertentu yang
menjadi penasihat kepada sebuah perusahaan atau individu", sedangkan menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Konsultan artinya "ahli yang tugasnya
memberi petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dl suatu kegiatan (penelitian,
dagang, dsb); penasihat ."
Bisnis konsultan mulai populer di Indonesia sejak tahun 1990an. Bahkan pada
beberapa tahun terakhir, bidang bisnis konsultasi mulai bertambah dengan
munculnya berbagai kebutuhan yang baru. Seperti yang diungkapkan di atas,
bidang usaha konsultan adalah memberi nasihat, tidak kurang dan tidak lebih.
Sepertinya sederhana, namun bukanlah hal mudah membangun sebuah firma atau
perusahaan konsultan yang berhasil.
Yang membedakan konsultan yang bagus dan buruk menurut Entrepreneur.com
adalah passion dan mengejar keunggulan. Selain itu, tentunya ahli dibidangnya.
Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum terjun dalam bisnis
konsultan adalah :
Berbagai Jasa Konsultan dan Asosiasi yang Bisa Diikuti
Cynthia Kase, Sukses Jadi Konsultan Investasi dari Nol
- Apakah perlu sertifikasi atau ijin tertentu dibidang tersebut? Hal ini
tergantung profesi Anda, Anda mungkin butuh sertifikasi khusus atau ijin
sebelum bisa memulai usaha konsultan. Sebagai contoh untuk konsultan bidang
pembangunan atau real estate dan juga keuangan serta pajak.
- Apakah saya memiliki kualifikasi untuk menjadi konsultan? Sebelum Anda
berharap ada klien yang mau membayar Anda, pastikan Anda memiliki kualifikasi
yang cukup baik.
- Apakah saya cukup terorganisir untuk menjadi seorang konsultan? Apakah
Anda suka merencakan hari-hari Anda? Apakah Anda sangat baik dalam managemen
waktu? Jika jawabannya ya, maka Anda dapat terus melangkah.
Apakah saya suka membangun jaringan? Jaringan adalah hal penting dalam
kesuksesan bisnis konsultasi hari ini.
- Apakah saya memiliki target jangka panjang dan jangka pendek? Jika
target tidak sesuai dengan waktu dan
energi yang Anda miliki, maka pertimbangkan kembali arah usaha Anda.
Saat ini ada banyak jenis bisnis konsultan, namun berikut ini adalah yang
paling populer
1. Akunting : Hampir semua usaha membutuhkannya, tidak peduli seberapa besar
atau kecilnya usaha tersebut.
2. Advertising/periklanan : tipe bisnis ini biasanya dibutuhkan untuk
mengembangkan strategi kampanye iklan.
3. Auditor : Konsultan yang mengaudit berbagai bidang dalam bisnis, mulai
yang umum hingga spesifik.
4. Konseling Karir : Dengan semakin besarnya angkatan kerja yang tidak
sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia, banyak orang membutuhkan
bimbingan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan mereka inginkan baik dari
pekerja maupun perusahaan pemberi kerja.
5. Konsultan Bisnis : Jika Anda memiliki indra bisnis yang bagus, maka Anda
bisa terjun dalam bidang ini. Kebanyakan mereka dibutuhkan untuk meningkatkan
keuntungan perusahaan atau dalam memulai usaha disuatu bidang.
6. Konsultan komputer : Mulai dari software hingga hardware, hal ini sangat
dibutuhkan dalam dunia usaha saat ini. Bisa dipastikan bidang ini sedang meroket
di beberapa tahun terakhir.
7. Writing & Editorial Servise : Mulai memberikan pelatihan penulisan
hingga menghasilkan newsletter hingga laporan tahunan perusahaan. Mereka yang
ahli dibidang ini selalu dibutuhkan.
8. Human Resources Developmen/Sumber Daya Manusia : Konsultan dibidang HRD
salah satu bidang yang selalu dibutuhkan perusahaan, namun saat ini pesaingnya
pun sangat banyak. Anda harus memiliki nilai tambah yang membuat perusahaan konsultan
Anda dilirik oleh klien.
9. Pajak : Konsultan pajak memberikan arahan agar perusahaan menjalankan usaha secara legal dengan pembayaran
pajak seefektif mungkin. Dengan banyaknya kasus pajak saat ini, konsultan pajak
selalu dibutuhkan.
10. Public Relation : Mendapatkan liputan media untuk sebuah perusahaan
dengan cara yang ideal adalah sebuah seni. Ketika perusahaan mendapatkan
konsultan PR yang baik, maka dipastikan branding dan marketing perusahaan
tersebut bisa semakin baik.
Apakah Anda ahli disalah satu bidang di atas? Jika Anda menjawab
"ya" mengapa tidak mencoba usaha ke arah sana. Pastikan Anda memiliki
passion dan juga mengejar keunggulan dibidang tersebut, pasti Anda akan
berhasil.
Pengertian Konsultan Perencanaan – Tugas, Tahap, Syarat, Pengawas, Para
Ahli
Pengertian Konsultan Perencanaan – Tugas, Tahap, Syarat, Pengawas, Para
Ahli : Seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa konsultasi (jasa
konsultasi) di daerah tertentu keahlian, seperti akuntansi, pajak, lingkungan,
biologi, hukum, koperasi dan lain-lain.
Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa
konsultasi (jasa konsultasi) di daerah tertentu keahlian, seperti akuntansi,
pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi dan lain-lain. Perbedaan antara
seorang konsultan dengan konsultan ahli biasa bukan karyawan perusahaan
penggunalayan (klien), tetapi seseorang yang menjalankan bisnis mereka sendiri
atau bekerja di sebuah perusahaan penasehat, serta berurusan dengan berbagai
penggunalayan pada satu waktu.
Pengertian Konsultan Perencanaan Menurut Para Ahli
Berikut ini merupakan pengertian konsultan perencanaan menurut para ahli.
Indra Bastian
Perencanaan adalah proses yang tidak pernah berakhir jika rencana yang
telah ditetapkan, maka dekumen kekhawatiran perencanaan terkait harus
dilaksanakan.
Deacon
Perencanaan merupakan upaya untuk mempersiapkan keputusan yang dianggap
subjek yang paling penting dan akan dilaksanakan sesuai dengan urutan dalam
rangka mencapai tujuan yang ditetapkan.
Ir. Sulistyo Wicaksono, IAI Berdasarkan Kep. Dir. Jen Cipta Karya Dep. PU
no. 023/KPT S/CK/1992
Konsultan perencanaan/Perencanaan adalah perorangan atau badan hukum yang
melaksanakan tugas-tugas di bidang perencanaan konstruksi bangunan atau
lingkungan perencanaan kerja bersama dengan aksesoris.
Tugas Konsultan Perencana
Membuat skema / konsep pemikiran awal (maksud dan tujuan).
Desain dari pra-direncanakan (situasi, denah, elevasi dan pemotongan).
Termasuk data lapangan kerja investigasi / kondisi lokal / lingkungan, bekerja
untuk menyiapkan proposal (deskripsi dari kebutuhan lokal).
Buat sebuah implementasi dari kolom foto, detail gambar dan bestek
(deskripsi dari Rencana Kerja dan Syarat).
Berikut penjelasan menggambar rencana dan bestek pekerjaan (Aanwijsing).
Setelah proses penawaran pekerjaan (tender).
Melakukan pengawasan berkala (eksekusi kesesuaian bestek pekerjaan di
lapangan, dan kesesuaian dalam hal arsitektur).
Tahap Rancangan Pelaksanaan Sasaran rancangan pelaksanaan
Untuk memastikan dan menjelaskan ukuran dan karakter dari proyek membentuk
komprehensif dan terpadu.
Untuk mematangkan konsep desain / desain keseluruhan, terutama dalam hal
sistem keselarasan yang terkandung di dalamnya baik dari segi kelayakan dan
fungsionalitas, estetika dan bangunan ekonomi.
Sistem konstruksi / struktur dan instalasi mekanikal dan elektrikal
kelayakan rekayasa dianggap baik secara individu maupun secara keseluruhan.
Syarat Sebagai Konsultan Perencana
Syarat Administratif
Memiliki akta notaris yang berisi tentang kepemilikan modal, bentuk hukum
dan organisasi.
Izin Jasa Konstruksi (SIUJK).
Wajib Pajak memiliki sejumlah (TIN).
Terdaftar di panitia pengadilan atau departemen keadilan (tergantung pada
bentuk bisnis).
Tercatat di papan perencanaan.
Syarat Teknis
Memenuhi persyaratan pekerja di bidang teknik konstruksi yang dapat
dibuktikan dalam ijazah keahlian, pengalaman, dan referensi dari para ahli
perusahaan.
Memiliki nama perusahaan, terdaftar pada persyaratan dari Direktur Jenderal
Cipta Karya, umumnya hanya untuk bangunan pribadi biasanya pada kepercayaan
pemberi tugas dan diperkuat dengan bukti: SIUJK, referensi Bank, pengalaman
kerja Referensi.
Konsultan pengawas dalam suatu proyek mempunyai tugas sebagai berikut:
Menyelenggarakan administrasi publik mengenai pelaksanaan kontrak kerja.
Pemantauan berkala dalam pelaksanaan proyek.
Mempublikasikan prestasi laporan untuk pekerjaan proyek dapat dilihat oleh
pemilik proyek.
Konsultan pengawas memberikan saran atau pertimbangan kepada pemilik proyek
dan kontraktor dalam pelaksanaan pekerjaan proyek.
Mengoreksi dan menyetujui gambar toko disampaikan image kontraktor sebagai
pedoman bagi pelaksanaan proyek-proyek pembangunan.
Memilih dan menyetujui jenis dan merek yang diajukan oleh kontraktor untuk
mematuhi harapan pemilik proyek tapi masih dipandu kontrak kerja konstruksi
yang sudah dibuat sebelumnya.
Apa itu konsultan, apa itu konsultan vorwerk, besaran biaya jasa konsultan
perencana, cara kerja konsultan teknik, contoh konsultan, definisi consulting
menurut para ahli, direktur konsultan perencana, dokumen konsultan perencanaan,
gaji konsultan bangunan, gaji konsultan perencana, gaji konsultan proyek, hak
dan kewajiban konsultan perencana, hak dan kewajiban owner proyek, jenis jenis
konsultan perencana, kesalahan konsultan perencana, konsultan mekanikal
elektrikal adalah, Konsultan pajak, konsultan pengawas, konsultan pengawas
adalah, konsultan pengawas dan perencana, konsultan perencanaan wilayah dan
kota, konsultan struktur, makalah konsultan perencana, output konsultan
perencanaan, Pengertian Konsultan, pengertian konsultan bisnis, pengertian
konsultan pengawas, pengertian konsultan teknik, pengertian kontraktor,
pengertian kontraktor menurut para ahli, rencana kerja konsultan perencana,
struktur organisasi konsultan perencana, tugas konsultan arsitek, tugas
konsultan pengawas, tugas konsultan perencana pdf, tugas konsultan vorwerk,
tugas kontraktor, tugas kontraktor pelaksana, tujuan konsultan, uu konsultan
pengawas
Profesi Konsultan yang Selalu Dibutuhkan
Konsultan adalah tenaga profesional yang memberikan jasa penasihatan, atau
kerennya disebut consultancy service. Masing-masing jasa konsultan yang
diberikan berbeda, sesuai dengan keahlian mereka. Misalnya ada yang konsultan
yang ahli soal pajak, soal pendidikan, dan lain sebagainya.
Pertanyaan selanjutnya yang mungkin Anda pikirkan adalah, apa perbedaan
konsultan dengan ahli biasa? Salah satu perbedaan antara dua profesi ini adalah
konsultan bekerja secara independen alias berusaha sendiri, sementara para ahli
bekerja di kantor atau perusahaan yang membutuhkan jasa mereka. Semakin hari
jasa konsultan di Indonesia semakin dibutuhkan. Selain dianggap pretisius dan
gajinya lumayan, profesi ini juga bisa dilakukan secara part-time.
Berikut lima profesi konsultan yang akan tetap dibutuhkan di Indonesia
sampai kapan pun:
1. Konsultan Bisnis
Perusahaan biasanya membutuhkan konsultan untuk memberi nasihat dan masukan
demi kemajuan dan keuntungan perusahaan. Dalam menjalankan pekerjaannya,
konsultan bisnis sangat ahli dalam soal menyusun perencanaan bisnis perusahaan
ke depan, termasuk juga menganalisis target pasar, produk dan strategi
pemasaran.
Konsultan bisnis akan memberikan nasehat dan masukan bila perusahaan akan
melakukan investasi atau divestasi. Mereka harus bisa menganalisis kondisi
perekonomian dan hubungannya dengan kemajuan perusahaan.
2. Konsultan Politik
Profesi ini biasanya akan banyak dibutuhkan di masa pemilu, baik pemilu
kepala daerah maupun presiden. Bahkan partai politik pun mulai lebih sering
mengandalkan konsultan politik untuk memperkuat pengaruh di dalam masyarakat.
Biasanya para politikus akan meminta jasa konsultasi untuk bisa terpilih
kembali menjadi legislator, atau bagaimana membuat posisinya aman dari pesaingnya.
Untuk menjadi konsultan politik, Anda diharuskan untuk mengerti politik di
Indonesia juga bagaimana dinamikanya, sehingga Anda bisa membuat strategi yang
menguntungkan klien. Anda juga dituntut untuk bisa meyakinkan para klien bahwa
Anda mampu memberikan jasa konsultasi yang oke, di tengah persaingan konsultan
politik lainnya.
3. Konsultan Hukum
Konsultan hukum adalah orang yang memberikan jasa hukum dalam bentuk
konsultasi. Profesi ini diakui keberadaannya dalam UU no 18/2003. Konsultan
hukum memberikan pertimbangan-pertimbangan dalam dunia hukum, termasuk juga
jalan keluar untuk suatu masalah dan juga masukan yang bisa membantu para
klien.
Makin banyaknya kasus hukum di Indonesia menyebabkan konsultan hukum ini
makin dibutuhkan. Konsultan hukum tidak harus memiliki ijin praktik sebagaimana
advokat atau pengacara. Tetapi, dia harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk
penyelesain sengketa, dan juga harus memiliki gelar sarjana hukum. Oh ya, dalam
penyelesaian masalah hukum, konsultan hukum hanya berwenang memberikan nasehat
saja.
Tugas Seorang Business Consultant, dan Tanggung Jawabnya
Di dalam dunia bisnis tentu kamu pernah mendengar istilah business
consultant bukan? Business Consultant atau yang sering disebut dengan konsultan
bisnis sebenarnya merupakan salah satu bisnis yang dijalankan oleh banyak
profesional, dan akhir-akhir ini cukup digemari. Namun, tahukah kamu apa itu
konsultan bisnis dan siapa yang bisa menjadi business consultant ini?
Oleh karena itu, di dalam artikel ini kami akan memberikan informasi
terkait pengertian yang dimiliki, tugas, manfaat, hingga tanggung jawab seorang
konsultan bisnis. Langsung saja, kita bahas bersama yuk!
Apa itu Business Consultant?
Istilah business consultant ini terdiri atas dua kata yang saling
melengkapi. Ada business yang berarti bisnis dan consultant yang berarti
penasihat. Jadi, secara harfiah Business Consultant ialah bisnis yang
dijalankan dengan memberikan nasihat, baik ke perusahaan maupun individu.
Melihat dari arti yang dimiliki, tentu kamu berpikir bahwa tugas dari
konsultan bisnis hanyalah memberi nasihat pada sebuah bisnis, bukan? Ada
sedikit kekeliruan di sini, karena tugasnya tidak hanya memberikan nasihat.
Seorang konsultan bisnis juga harus mampu memberikan solusi atas
problem-problem yang dihadapi.
Biasanya Business Consultant diperlukan oleh sederet pembisnis lainnya yang
ingin berkonsultasi mengenai perencanaan dan perkembangan bisnisnya. Business
Consultant bisa dikatakan sebuah bisnis yang merangkul bisnis lainnya.
Tugas Pokok Seorang Konsultan Bisnis
Pada bagian sebelumnya sudah sedikit disinggung terkait tugas dari
konsultan bisnis, di mana salah satunya adalah memberikan nasihat dan juga
solusi terhadap masalah yang dihadapi. Akan tetapi, ternyata tugas seorang
business consultant tidak hanya itu saja, lho! Simak poin-poin untuk mendapat
informasinya ya!
Memberikan jasa konsultasi kepada suatu organisasi atau lembaga perusahaan
Seorang konsultan harus bisa memberikan jasa konsultasi kepada kliennya.
Namun, mereka harus mempelajari bisnis secara menyeluruh dan meneliti secara
detail data dari kliennya tersebut. Tujuannya agar tidak terjadi miss pada saat
pemberian konsultasi.
Mengidentifikasi masalah-masalah yang ada
Selain memberikan konsultasi, seorang business consultant juga harus mampu
mengidentifikasi masalah yang ada di dalam sebuah bisnis. Baik pada perusahaan
yang sudah berkembang maupun perusahaan yang baru saja dirintis. Kemudian,
mereka harus mampu untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan bisnis si klien
Memberikan solusi atas masalah-masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya
Setelah mengidentifikasi masalah yang ada, seorang konsultan bisnis harus
mampu menganlisis dan memberikan solusinya. Seorang konsultan bisnis yang baik
adalah mereka yang mampu mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi dengan
tepat sasaran.
Membuat perencanaan bisnis dan mampu melihat berbagai peluang yang ada
Ternyata, seorang business consultant juga berkewajiban untuk membuat
perencanaan bisnis lho! Hal ini perlu dilakukan agar bisa memenuhi target yang
diinginkan klien.
Aktif menjalin komunikasi yang baik pada semua klien
Terakhir, seorang konsultan bisnis harus bisa berkomunikasi secara aktif.
Tujuannya agar mampu tetap memberikan informasi yang relevan untuk kemajuan
bisnisnya
Setelah melihat tugas yang harus dijalankan ketika kamu memilih profesi
menjadi seorang konsultan bisnis, maka bisakah kamu menjabarkan manfaatnya bagi
perusahaan?
Manfaatnya Bagi Kelangsungan Bisnis
Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa dipaparkan dari adanya business
consultant bagi kelangsungan bisnis, yakni:
Menghindari kerugian financial
Dengan memperkerjakan seorang konsultan bisnis, perusahaanmu akan bisa
terhindar dari kerugian keuangan. Mengapa? Karena business consultant akan
menjamin keberlangsungan bisnis yang kamu jalankan ke depannya.
Hal ini terlihat dari konsistensi Business Consultant yang tetap menjalin
komunikasi yang baik untuk memberikan informasi relevan terhadap kemajuan
bisnis para klien.
Memiliki banyak trik jitu
Seorang konsultan bisnis juga dituntut punya banyak trik untuk mengatasi
setiap perubahan yang terjadi pada bisnismu. Business consultant cenderung
memanfaatkan setiap peluang yang ada, termasuk peluang-peluang terkecil pun.
Mengatasi masalah tanpa masalah
Business Consultant telah melakukan berbagai observasi yang mendalam
tentang seluk beluk perusahaan. Sehingga ia mampu mengidentifikasi setiap
masalah yang mungkin akan timbul suatu saat nanti dan telah menyiapkan berbagai
solusi untuk mengantisipasi serta mengatasi masalah tersebut.
Meningkatkan profit perusahaan
Seorang konsultan bisnis akan sangat amat prepare dan konsisten dalam
membimbing kliennya untuk mencapai target perusahaan. Ia punya andil yang cukup
besar dengan segala bentuk pertumbuhan yang terjadi pada perusahaan.
Maka tak heran jika profit perusahaan bisa meningkat seiring dengan tingkat
pertumbuhan yang signifikan bagi perusahaan.
Network yang Besar
Manfaat ini sering dilewatkan oleh para pemilik bisnis. Padahal jika
dimanfaatkan dengan baik, bisa saja mempercepat pencapaian gol yang dituju.
Dalam menjalankan perencanaan bisnis yang telah diberikan oleh business
consultant, sering sekali kita membutuhkan sumber daya yang belum kita miliki.
Karena, seorang business consultant yang telah menangani begitu banyak client
terkadang bisa mempertemukan klien-kliennya jika bisa membentuk suatu kerjasama
yang saling menguntungkan. Win-win solution deh!
Melihat manfaat yang akan sebuah bisnis peroleh dari konsultan bisnis,
membuat seorang business consultant tak lepas dari tanggung jawab yang diemban.
Apa saja sih tanggung jawab yang dimiliki?
Tanggung Jawab seorang Business Consultant
Untuk mengetahui tanggung jawab apa saja yang diembang oleh seorang
konsultan bisnis, bisa kamu lihat pada poin-poin di bawah ini.
Atur dan laksanakan proyek bisnis yang ditugaskan atas nama klien
(perekrutan, penggajian, kampanye promosi, dll.) Sesuai dengan persyaratan
klien
Bertemu dengan klien yang ditugaskan ketika dibutuhkan dan melakukan
penilaian awal dari situasi yang bermasalah
Kumpulkan informasi tentang bisnis klien melalui berbagai metode
(membayangi, wawancara, survei, membaca laporan, dll.)
Menganalisis dan menafsirkan data untuk menggali kelemahan dan masalah, dan
memahami penyebabnya
Merumuskan rekomendasi dan solusi dengan memperhatikan keinginan, kemampuan
dan keterbatasan klien membentuk laporan singkat
Presentasikan temuan dan saran kepada klien dengan justifikasi yang cukup
dan saran praktis
Kembangkan rencana bisnis terperinci untuk mendorong perubahan kecil atau
radikal
Membantu klien dalam mengimplementasikan rencana tersebut dan selesaikan
perbedaan sesekali
Memberikan panduan untuk masalah dan masalah yang terjadi
Pada intinya, seorang konsultan bisnis akan bertanggung jawab atas
pertumbuhan dan perkembangan bisnis klien. Karena, tugas utama yang dimilikinya
adalah untuk memberikan konsultasi, merumuskan keuangan, dan mencari solusi
atas permasalahan yang timbul.
Dampak dari Business Consultant
Memang melalui konsultasi bisnis, kita dapat menyelesaikan sebuah masalah
dalam perusahaan dengan lebih cepat. Tapi di balik keuntungan yang besar ini,
ada hal-hal lainnya yang perlu kita pertimbangkan juga.
Dengan menggunakan jasa konsultasi bisnis dapat menimbulkan rasa
ketergantungan di dalam perusahaan terhadap konsultan bisnis ini. Jika sudah
timbul ketergantungan, kamu akan bingung ketika suatu saat mereka pensiun, atau
pindah bekerja.
Hal ini tentu akan merepotkan, karena perusahaanmu tidak bisa mandiri dalam
menganalisis kinerjanya dan tidak bisa mengambil keputusan dengan tepat. Sebuah
perusahaan memang dianjurkan untuk menggunakan jasa konsultan bisnis, namun
hanya ketika ada kondisi yang mendesak.
Seperti, ada masalah yang cukup urgent dan membutuhkan pandangan dari pihak
eksternal untuk menyelesaikannya. Ataupun untuk mengatasi masalah yang hanya
terjadi sekali, atau sangat jarang terjadi. Karena, sesuatu yang berlebihan
memang tidak baik.
Untuk menyiasati ketergantungan tersebut, perusahaanmu bisa menggunakan
JojoExpense lho! Karena aplikasi ini akan membantumu dalam mengelola keuangan
perusahaan, terutama untuk pengeluarannya.
PERAN BUSINESS CONSULTANT YANG WAJIB DIKETAHUI PEMILIK BISNIS
Setelah mengerti dengan jelas peran dari seorang business consultant, Anda
akan lebih bisa memaksimalkan jasa yang mereka berikan untuk perusahaan Anda.
Dalam artikel kali ini, kita akan membahas peran atau tugas apa yang
biasanya dijalankan seorang business consultant. Kemudian Anda juga akan
mempelajari kelebihan beserta kekurangan dari menggunakan jasa seorang business
consultant.
SIAPA ITU BUSINESS CONSULTANT
Kata konsultasi dalam kamus memiliki arti yang berupa memberikan nasihat
atau petunjuk dalam melakukan suatu hal. Jadi business consultant atau
konsultan bisnis bisa diartikan sebagai seseorang yang memberikan nasihat atau
petunjuk dalam menjalankan bisnis.
Seperti yang kita ketahui, seseorang yang memberikan nasihat seharusnya
memiliki pengalaman yang sudah cukup banyak di dalam bidang yang dia jalankan.
Dengan pengalamannya, seorang business consultant akan bisa membantu kita
menyelesaikan sebuah masalah dalam perusahaan dengan lebih efektif dan efisien.
Banyak orang yang menganggap business consultant, mentor dan coach adalah
satu hal yang sama. Sebenarnya terdapat perbedaan yang mencolok di antara
ketiganya. Anda sebaiknya mengetahui perbedaan antara business coach, mentor
dan consultant terlebih dahulu agar tahu mana jasa yang tepat untuk Anda.
Perbedaan Business Coach, Mentor dan Konsultan
MANFAAT BUSINESS CONSULTANT
Ada 3 manfaat utama yang bisa diberikan oleh seorang business consultant.
Jika Anda bisa mendapatkan ketiganya, maka bisa dibilang Anda memanfaatkan jasa
konsultasi bisnis tersebut dengan maksimal.
Tugas Business Consultant
1. Mendeteksi Masalah
Tugas pertama seorang business consultant adalah mendeteksi masalah yang
ada dalam sebuah perusahaan. Baik masalah yang sedang dialami ataupun masalah
yang akan muncul kedepannya.
Seorang business consultant memiliki pengetahuan menjalankan bisnis secara
keseluruhan, memahami detil seluk beluk setiap operasi pada bidang bisnis yang
dia dalami. Jika terjadi sesuatu yang tidak normal, seorang business consultant
akan dengan gampang mendeteksi.
Akan menjadi poin tambahan jika seorang business consultant juga memiliki
pengalaman yang cukup lama dalam menjalankan bisnis. Nasihat yang diberikan
bukan hanya berdasarkan teori, tetapi juga bersifat praktikal.
2. Membantu Perencanaan Bisnis
Selain memberikan arahan atau nasehat untuk menyelesaikan masalah, seorang
business consultant juga bisa membantu perencanaan bisnis sebuah perusahaan.
Perencanaan ini mencakup banyak hal seperti, untuk meningkatkan efisiensi
sistem operasional, meminimalisir resiko kegagalan, menganalisa kompetisi di
pasar hingga menyusun strategi marketing dan sales yang lebih efektif.
Di tahap sebelumnya Anda diberikan obat agar sembuh dari penyakit. Di tahap
ini Anda diberikan cara atau program agar menjadi lebih sehat.
3. Network Yang Besar
Manfaat yang ketiga ini sering dilewatkan oleh para pemilik bisnis. Padahal
jika dimanfaatkan dengan baik, bisa saja mempercepat pencapaian gol yang
dituju.
Dalam menjalankan perencanaan bisnis yang telah diberikan oleh business
consultant, sering sekali kita membutuhkan sumber daya yang belum kita miliki.
Seorang business consultant yang telah menangani begitu banyak client terkadang
bisa mempertemukan client-clientnya jika bisa membentuk suatu kerjasama yang
saling menguntungkan. Win-win solution.
Baca juga Ketahui Perbedaan antara Pelatih (Coach), Mentor dan Konsultan
Bisnis Sebelum Memilih
EFEK SAMPING BUSINESS CONSULTING
Memang melalui konsultasi bisnis, kita dapat menyelesaikan sebuah masalah
dalam perusahaan dengan lebih cepat. Tapi di balik keuntungan yang besar ini,
ada hal-hal lainnya yang perlu kita pertimbangkan juga.
Menggunakan jasa konsultasi bisnis dapat menimbulkan rasa ketergantungan di
dalam perusahaan terhadap si business consultant.
Apa yang akan terjadi jika hal ini dimanfaatkan oleh business consultant
yang kurang etis?
Apa yang akan terjadi jika suatu saat si business consultant memutuskan
untuk pensiun?
Menurut kami, Anda boleh memakai jasa business consultant hanya dalam
kondisi tertentu, seperti jika terjadi masalah yang cukup urgent. Ataupun untuk
mengatasi masalah yang hanya terjadi sekali, atau sangat jarang terjadi.
Dalam menghadapi masalah yang bersifat mendesak, Anda sebaiknya segera
mencari solusi berikutnya jika masalah ini sering terjadi dalam perusahaan
Anda.
Salah satu solusi yang mungkin tepat untuk Anda adalah dengan mengikuti
program business coaching atau mentoring.
Business Coaching dan Mentoring
Program business coaching ataupun mentoring memang, secara rata-rata, tidak
bisa memberikan efek dalam sekejap, namun ada beberapa keuntungan yang tidak
bisa Anda dapatkan dari jasa business consultant, seperti:
Anda akan mengalami perubahan yang bersifat permanen, karena Anda yang
bertanggung-jawab. Tugas dari seorang business coach atau mentor adalah
memberikan arahan dan menuntun Anda ke arah yang tepat, serta memastikan Anda
terus berjalan.
Anda juga akan mengalami perubahan yang sesuai dengan yang Anda inginkan.
Seorang business coach akan membantu Anda untuk menggali jawaban yang
sebenarnya sudah ada dalam diri Anda. Bukan jawaban yang menurut si business
coach benar.
Dan keuntungan yang paling membedakan adalah Anda kedepannya tidak akan
bergantung lagi pada business coach atau mentor Anda.
Para pemilik bisnis yang telah menyelesaikan program coaching akan menjadi
mandiri dan memiliki kerangka mindset yang sudah matang untuk menghadapi
tantangan apapun dalam perusahaannya.
Untuk menentukan program mana yang cocok untuk perusahaan Anda, Anda bisa
melakukan business check-up terlebih dahulu.
Semoga artikel ini bermanfaat, dan silakan bagian ke teman-teman Anda yang
membutuhkannya.
Tugas Konsultan Perencana, Konsultan Pengawas, dan Kontraktor
Gencarnya perkembangan konstruksi di Indonesia membuat pelayanan dalam
bidang jasa konsultansi mulai mendapat perhatian besar. Peran tugas konsultan
penting karena sebagai penyedia software dan brainware suatu proyek konstruksi
yang bertujuan agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lancar atau sesuai
rencana. Konsultan konstruksi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu konsultan
perencana dan konsultan pengawas. Pengertian konsultan proyek, dan tugas dari
masing-masing konsultan perencana dan pengawas tersebut kami jelaskan secara
terperinci di bawah ini
PENGERTIAN KONSULTAN PROYEK
Konsultan proyek adalah badan usaha atau perorangan yang diminta owner
(pemilik proyek) untuk mengawasi pelaksanaan proyek sehingga pelaksanaan proyek
dapat berjalan dengan baik dan dapat selesai dengan cepat. Penyedia jasa
konsultan ini harus memiliki beberapa orang ahli di bidang Arsitektur, Teknik
Sipil, Mekanikal Elektrikal, listrik dan lain-lain.
Peran utama perusahaan konsultan proyek adalah memastikan kualitas proyek
konstruski sesuai dengan perencanaan. Konsultan melakukan pengawalan terhadap
client mulai dari tahap perencanaan proyek dan perancangan pembangunan proyek
hingga masa pelaksanaan pembangunaan proyek berakhir. Sedangkan untuk tugas
konsultan proyek antara lain sebagai berikut :
Mengelola administrasi dalam kontrak kerja
Melakukan pengawasan selama proyek konstruksi berjalan
Melampirkan/ Membuat laporan pekerjaan yang diserahkan kepada pemilik
proyek
Memberikan saran atau pertimbangan kepada pemilik proyek maupun kontraktor
Melakukan koreksi dan memberikan persetujuan mengenai hasil gambar (shop
drawing) yang diajukan oleh kontraktor sebagai pedoman pelaksanaan proyek
Memilih dan menyetujui tipe dan merek bahan/material konstruksi yang
diusulkan oleh kontraktor agar sesuai dengan harapan pemilik proyek namun tetap
berpedoman dengan kontrak kerja konstruksi yang sudah dibuat sebelumnya.
KONSULTAN PERENCANA
Siapa itu Konsultan Perencana?
Perencanaan di awal proyek yang matang dan dilakukan secara profesional
akan menghasilkan sebuah pedoman & rencana pelaksanaan proyek konstruksi
yang baik, yang nantinya akan turut menentukan kesuksesan sebuah proyek.
Disinilah dibutuhkannya konsultan perencana yang profesional sehingga
keberhasilan pengerjaan dalam suatu proyek bisa dicapai.
Konsultan perencana bertugas menghasilkan detail perencanaan bangunan,
misalnya dihasilkannya gambar kontrak yang jelas tanpa adanya pertentangan
perbedaan antar gambar rencana dengan kondisi dilapangan, spesifikasi bangunan
dijelaskan dengan detail agar tidak terjadi hambatan dalam pemilihan material
saat pekerjaan pembangunan berlangsung. Selain itu, konsultan perencana
memiliki tugas untuk merencanakan struktur, mekanikal elektrikal, arsitektur,
landscape, rencana anggaran biaya (RAB) serta dokumen-dokumen pelengkap lainnya
terkait dengan proyek yang akan dikerjakan. Konsultan perencana mendapatkan
proyek melalui proses lelang yang diadakan panitia lelang pekerjaan konstruksi.
Berikut ini untuk lebih jelasnya mengenai tugas dan wewenang konsultan
perencana dalam pelaksanaan proyek konstruksi.
Tugas dan Wewenang Konsultan Perencana
Tugas Konsultan Perencana
Mengadakan penyesuaian keadaan lapangan dengan keinginan pemilik proyek.
Membuat gambar kerja pelaksanaan. Membuat Rencana kerja dan syarat –
sayarat pelaksanaan bangunan (RKS) sebagai pedoman pelaksanaan.
Membuat rencana anggaran biaya (RAB).
Memproyeksikan gagasan atau ide-ide kreatif pemilik proyek ke dalam desain
bangunan.
Melakukan perubahan desain apabila terjadi penyimpangan pelaksanaan
pekerjaan di lapangan yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan sesuai dengan
kontrak yang telah dibuat.
Mempertanggungjawabkan desain dan perhitungan struktur bangunan jika
terjadi kegagalan konstruksi.
Mengurus perizinan mendirikan bangunan (IMB).
Dari uraian di atas, tugas konsultan perencana lebih untuk memastikan atau
mengawal klien pada tahap awal proyek (tahap perencanaan dan perancangan) untuk
mempersiapkan tahap selanjutnya. Pada saat tiba jadwal pelaksanaan konstruksi
(pelaksanaan pembangunan fisik), proses pelaksanaanya diserahkan kepada
konsultan pengawas. Konsultan pengawas ini sendiri adalah orang/instansi yang
menjadi wakil pemilik proyek di lapangan.
Wewenang Konsultan Perencana
Mempertahankan desain (konsep perancangan) dalam hal adanya pihak – pihak
pelaksana bangunan yang melaksanakan pekerjaan tidak sesuai dengan rencana.
Menentukan warna, spesifikasi dan jenis material yang akan digunakan dalam
pelaksanaan pekerjaan konstruksi.
Mengumpulkan data dan informasi dari lapangan, membuat interpretasi secara
garis besar terhadap KAK, konsultasi kepada pihak pemerintah setempat terkait
regulasi daerah, membuat program perencanaan serta gagasan terhadap program
yang dicanangkan.
Untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaan, sebaiknya konsultan perencana
membuat jadwal pertemuan rutin dengan pihak-pihak terkait seperti kontraktor
dan pemilik proyek. Pertemuan tersebut tentunya untuk membahas hal-hal yang
perlu mendapat perhatian khusus misalnya tahap pembuatan gambar shop drawing
atau saat aproval material sebagai pedoman pelaksanaan proyek.
KONSULTAN PENGAWAS
Siapa itu Konsultan Pengawas?
Konsultan pengawas adalah badan usaha atau perorangan yang ditunjuk oleh
pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan pengawasan. Dalam mengawasi proyek
konstruksi, tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang ahli dibidangnya
masing-masing seperti teknik sipil, arsitektur, mekanikal elektrikal, listrik
dan lain-lain sehingga sebuah bangunan dapat dibangun dengan baik dalam waktu
cepat dan efisien.
Tugas dan Wewenang Konsultan Pengawas
Konsultan pengawas dalam suatu proyek mempunyai tugas sebagai berikut:
Menyelenggarakan administrasi umum mengenai pelaksanaan kontrak kerja.
Melaksanakan pengawasan secara rutin dalam perjalanan pelaksanaan proyek.
Menerbitkan laporan prestasi pekerjaan proyek berdasarkan laporan teknis
dari konsultan perencana untuk dapat dilihat oleh pemilik proyek.
Konsultan pengawas memberikan saran atau pertimbangan kepada pemilik proyek
maupun kontraktor dalam pelaksanaan pekerjaan.
Mengoreksi dan menyetujui gambar shop drawing yang diajukan kontraktor
sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan proyek.
Memilih dan memberikan persetujuan mengenai spesifikasi, tipe dan merek
yang diusulkan oleh kontraktor agar sesuai dengan harapan pemilik proyek namun
tetap berpedoman dengan kontrak kerja konstruksi yang sudah dibuat sebelumnya.
Konsultan pengawas juga memiliki wewenang sebagai berikut:
Memperingatkan atau menegur pihak peleksana pekerjaan jika terjadi
penyimpangan terhadap kontrak kerja.
Menghentikan pelaksanaan pekerjaan pembangunan jika kontraktor tidak
memperhatikan peringatan yang diberikan.
Memberikan tanggapan atas usul pihak kontraktor.
Memeriksa gambar shopdrawing dan spesifikasinya pelaksana proyek.
Melakukan perubahan dengan menerbitkan berita acara perubaha.
Mengoreksi pekerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor agar sesuai dengan kontrak
kerja yang telah disepakati sebelumnya.
Konsultan pengawas biasanya dibutuhkan ketika pelaksanaannya pada proyek
bangunan skala besar seperti gedung bertingkat tinggi. Konsultan pengawas bisa
masuk ke dalam Managemen Konstruksi (MK), namun perbedaannya adalah MK
mengelola jalannya proyek dari mulai perencanaan, pelaksanaan sampai
berakhirnya proyek. Sedangkan konsultan pengawas hanya bertugas mengawasi
jalannya fase pelaksanaan proyek pembangunan. Dalam pelaksanaannya di lapangan
diperlukan kerjasama yang baik antara konsultan pengawas dengan kontraktor agar
bisa saling melengkapi dalam pelaksanaan pembangunan.
KONTRAKTOR PROYEK
Selain konsultan perencana dan konsultan pengawas, tentunya dalam
pelaksanaan proyek konstruksi dibutuhkan pihak yang melaksanakan pekerjaan.
Disinilah peran dari kontrak proyek. Jadi, Kontraktor adalah pihak yang
ditunjuk oleh pemilik proyek sebagai pelaksana proyek, pihak ini yang akan
melaksanakan proyek dengan proses perencanaan yang sudah disiapkan oleh
konsultan perencana untuk dihasilkan ke wujud yang nyata.
Tugas kontraktor ini antara lain :
Memahami gambar desain, konsep dan spesifikasinya sebagai acuan di dalam
proyek
Menyusun kembali metode pelaksanaan konstruksi dan jadwal pelaksanaan
pekerjaan bersama site engineering dan structural engineering
Memimpin dan mengendalikan pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan persyaratan
waktu, mutu dan biaya yang sudah ditentukan
Membuat program kerja harian dan memberikan pengarahan kegiatan harian
kepada pelaksana pekerjaan/tenaga kerja
Membuat evaluasi dan membuat laporan hasil pelaksanaan pekerjaan di
lapangan
Demikianlah penjelasan mengenai tugas dan wewenang konsultan perencana, konsultan
pengawas, dan kontraktor proyek pembangunan baik swasta maupun pemerintah.
Semoga bermanfaat dan maju terus untuk perkembangan konstruksi Indonesia!
Ini Keuntungan Bekerja di Perusahaan Konsultan
Bagaimana perasaan Anda ketika sudah lulus kuliah dan dihadapkan dengan
dunia kerja? Rata-rata pasti masih berpikir "menakutkan".
Meskipun menakutkan, ternyata juga menjadi hal yang banyak dinanti-nanti.
Dunia kerja akan selalu tersedia untuk kamu yang mau menempa diri serta
mengukur kemampuan pribadi.
Salah satu yang paling diincar itu adalah perusahaan konsultan. Soalnya
bekerja di sana akan mendapatkan rate cukup tinggi.
Beberapa jenis perusahaan konsultan yang populer antara lain advertising,
marketing, konsultan audit, public relations, sampai konsultan di bidang
perpajakan.
Dikutip dari Swara Tunaiku, berikut ini empat keuntungan yang bisa Anda
dapatkan setelah kerja di sana.
1. Bisa dijadikan sarana belajar dan menimba ilmu
Ketika lulus dari bangku kuliah, bukan berarti memasuki waktu-waktu tanpa
belajar. Justru, kegiatan belajar atau menimba ilmu wajib diperluas dan diperdalam
lagi. Soalnya cuma orang berilmu saja yang bisa diterima oleh perusahaan
konsultan besar. Bisa dibilang, ilmu merupakan investasi terbaik yang mengiringi
perjalanan hidup manusia.
Ketika sudah diterima oleh perusahaan, aktivitas belajar tidak boleh surut.
Dunia kerja akan menuntut lebih banyak bergerak dan belajar agar bisa menindaklanjuti
setiap permasalahan.
Untuk mencapai perubahan ke arah positif juga perlu pendalaman ilmu di bidang
konsultasi. Inilah yang membuat perusahaan konsultan memiliki daya tarik
tersendiri.
Para karyawan yang bekerja akan dituntut untuk mampu memecahkan masalah
dari klien maupun mampu menganalisis permasalahan tersebut dalam waktu singkat.
Mengingat klien yang bisa datang sewaktu-waktu, pendalaman ilmu di bidang
konsultasi dan ilmu lain harus kamu lakukan.
2 dari 3 halaman
2. Bisa dijadikan sebagai batu loncatan
Ilustrasi perempuan sukses dengan berbagai proses dialaminya.
Bagi seorang fresh graduate yang tentunya minim pengalaman kerja, posisi di
perusahaan konsultan bisa dijadikan sebagai batu loncatan untuk menggapai
karier selanjutnya.
Ketika Anda berhasil menguasai teknik dasar konsultasi, tinggal selangkah
lagi untuk sukses di bidang pekerjaan yang kamu inginkan.
Keahlian sebagai konsultan sangat penting peranannya untuk menggaet lebih
banyak relasi. Di dunia bisnis, syarat sukses itu minimal punya relasi atau
jaringan luas.
Sifat kooperatif harus selalu dipupuk ketika hendak menjalin kerja sama
dengan klien baru. Tidak sedikit perusahaan konsultan yang turut menawarkan
pengembangan karier untuk para karyawan.
3. Koneksi dan relasi jadi lebih luas
Kalau tadi menyebut perluasan relasi ketika menjadikan posisi di perusahaan
konsultan sebagai batu loncatan, poin ini berkaitan ketika kamu masih memegang
posisi sebagai karyawan.
Tidak sedikit karyawan yang mendapat pengalaman baru lewat praktik-praktik
lapangan yang ada. Misalnya ketika bertemu dengan banyak perusahaan lain.
Seringnya berkomunikasi dengan banyak petinggi atau wakil dari perusahaan
lain, maka peluang untuk mengembangkan karier pun lebih terbuka. Selain itu,
klien yang berkonsultasi juga punya latar belakang berbeda-beda.
Pada awalnya mungkin akan terasa canggung. Namun, kalau sudah terbiasa,
keuntungan ini pasti bisa Anda rasakan dalam waktu dekat.
3 dari 3 halaman
4. Mendapatkan upah besar
banner infografis gaji pns dki
Perbesar
Ilustrasi Gaji
Selain soal pengembangan kemampuan dan relasi, mungkin keuntungan ini yang
paling membuat seorang fresh graduate tertarik. Soalnya, upah yang besar
tersebut nantinya bisa digunakan untuk modal bisnis lain andaikata resign.
Berbagai kebutuhan dan keinginan pun lekas terpenuhi berkat adanya standar upah
yang begitu tinggi dari perusahaan konsultan.
Biasanya, semakin berpengalaman Anda, semakin tinggi upah yang didapatkan. Setelah menyimak berbagai keuntungan memegang posisi sebagai karyawan di perusahaan konsultan, apakah saat ini Anda tertarik untuk mencobanya?
Selagi masih banyak yang buka kesempatan, silakan daftarkan diri sesegera
mungkin sebelum peluang lolos makin sempit.