Methode Meningkatkan RPM Halaman Di Google Adsense
PADA BLOG
RPM
Adsense adalah nilai yang umum digunakan dalam program periklanan. RPM ini
berguna untuk membandingkan penghasilan Blog Blog Anda menggunakan beberapa
saluran yang berbeda. Nilai ini dapat diperoleh dengan membagi taksiran
pendapatan dengan jumlah tampilan halaman, dikalikan dengan 1.000.
Untuk
mendapatkan penghasilan tinggi, Blog Blog Anda harus dapat mengatur CPM dan
RPM. CPM adalah risiko biaya yang pada dasarnya memberikan pendapatan yang
diberikan oleh pengiklan / pihak periklanan oleh Google Adsense.
Mudahnya
RPM adalah aliran pendapatan yang membayar banyak sejumlah pendapatan untuk
pemilik.
Masalah
RPM adsense, memang fluktuatif kadang tinggi, kadang rendah. Biasanya RPM akan
tinggi bila pada hari libur atau menjelang hari besar nasional seperti lebaran
dll. Teruslah update konten-konten (artikel) baru. Percayalah suatu saat Blog Blog Anda akan
menikmati hasilnya
Pendapatan per seribu tayangan (RPM)
Pendapatan
per 1.000 tayangan (RPM) menunjukkan penghasilan tertaksir yang akan Blog Blog
Anda dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang Blog Blog Anda terima. RPM tidak
menunjukkan penghasilan Blog Blog Anda sebenarnya; namun, jumlah itu dihitung
dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan laman, atau kueri
yang Blog Blog Anda terima, kemudian dikalikan 1.000.
Rumus
:
RPM
= (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan laman) * 1.000
Misalnya
:
Jika
penghasilan tertaksir Blog Blog Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan laman, RPM
laman Blog Blog Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000 atau $6,00.
Jika
penghasilan tertaksir Blog Blog Anda sebesar $180 dari 45.000 tayangan iklan,
RPM iklan Blog Blog Anda sama dengan ($180/45.000) * 1.000 atau $4,00.
RPM
merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, dan ini mungkin
berguna bagi Blog Blog Anda untuk membandingkan pendapatan di berbagai saluran
yang berbeda.
Cara Meningkatkan RPM Halaman
RPM
(Revenue Per Thousand Impression) adalah perkiraan pendapatan rata-rata yang
akan Blog Blog Anda dapatkan untuk setiap 1.000 tampilan halaman. Jadi RPM
Halaman hanyalah perkiraan pendapatan per 1.000 tampilan, tanpa menunjukkan
berapa banyak pendapatan yang sebenarnya akan Blog Blog Anda dapatkan.
Dalam
meningkatkan performa blog Blog Blog Anda harus bisa merubahnya sendiri, karena
dengan itu Blog Blog Anda bisa mengasah kemampuan Blog Blog Anda. Blog Blog
Anda pasti bingung dan tidak tahu caranya kan, maka kali ini ada cara
meningkatkan RPM yang bisa menjadikan Blog Blog Anda referensi dalam memaksimalkan
blog Blog Blog Anda, berikut ulasannya:
1.
Buatlah Konten yang Original dan Menarik.
Konten adalah topik yang dituangkan ke
dalam tulisan dan dengan membuatnya original, semakin besar peluang Blog Blog
Anda untuk mendapatkan posisi teratas di Google. Karena sebenarnya google sangat
menyukai konten pencarian google yang asli.
Dan pastikan ada kejelasan kata dan informasi dalam artikel yang Blog Blog
Anda posting di blog, karena dapat mempengaruhi peningkatan trafik ke blog Blog
Blog Anda.
2.
Lokasi Dalam Penempatan Iklan.
Untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, Blog
Blog Anda harus terlebih dahulu melakukan usaha untuk menghidupkan blog. Saran
penempatan iklan Blog Blog Anda harus menentukan tempat yang strategis dan
tepat untuk ditampilkan pada iklan. Misalnya
di awal artikel, di tengah artikel, dan di akhir artikel. Tentu saja, selain
memiliki iklan ini secara menyeluruh, Blog Blog Anda juga dapat mengamati iklan
dengan seksama.
3.
Dapat Menarik Pengunjung.
Menarik pengunjung yang relevan jauh lebih
penting daripada faktor lainnya. Juga, bagaimana Blog Blog Anda harus
meningkatkan tanpa meningkatkan pengunjung Blog Blog Anda. Idenya adalah untuk
fokus pada audiens yang tepat daripada mendapatkan banyak hits yang tidak
relevan. Manfaat tambahan dari
menarik hanya audiens yang tepat adalah RPM Blog Blog Anda akan tetap pada yang
terbaik. Sederhananya, RPM akan bervariasi berdasarkan kualitas trafik Blog Blog
Anda. Misalnya, pengunjung datang dapat memberi Blog Blog Anda RPM yang lebih
banyak. Google dapat
mengidentifikasi pengguna dengan lebih baik untuk kedua kalinya. Demikian juga,
trafik berbayar cenderung memiliki rasio pentalan yang lebih tinggi dan waktu
yang lebih singkat di situs. Artinya RPM halaman tidak akan setinggi yang
diharapkan.
4.
Memanfaatkan AD.
BalanceAD Balance ini adalah salah satu fitur yang dapat Blog Blog Anda gunakan dengan mengurangi
tayangan iklan blog.
Caranya mudah, Blog Blog Anda hanya perlu
menggerakkan kursor sesuai dengan kutipan.
Ad balance memiliki fungsi tersendiri dan fitur tersebut berfokus pada
tayangan iklan dan mendapatkan pendapatan tertinggi. Sehingga iklan dengan
tayangan CPC rendah tidak akan muncul di blog dan ini bisa efisien untuk
meningkatkan pendapatan.
5.
Mencocokkan Data.
Di sini Blog Blog Anda cukup memeriksa
kinerja adsense dari, . klik iklan,
tampilan halaman, lalu RPM halaman. Biasanya, jika tampilan halaman Blog Blog
Anda meningkat, jumlah klik juga meningkat secara otomatis. Jika tidak,
penempatan iklan Blog Blog Anda mungkin salah atau salah. Faktanya, sebagian besar pengunjung
tidak mengklik iklan pengiklan Blog Blog Anda. Namun, jika pageview terus
meningkat tetapi klik cenderung menurun, mungkin juga ada yang tidak sesuai
dengan isi artikel yang ditulis oleh Blog Blog Anda.
6.
Menggunakan Penawaran Tajuk.
Pengelola Iklan Google akan dapat membantu
Blog Blog Anda untuk menghasilkan pendapatan Tapi itu masih tidak efisien dalam
banyak hal. Pertama, meneruskan permintaan dari satu jaringan iklan ke jaringan
iklan lainnya untuk mengisi ruang iklan.
Cara seperti ini mengurangi BPSe dan meningkatkan waktu muat laman. Oleh
karena itu, penawaran tajuk dikembangkan. Memungkinkan Blog Blog Anda untuk
memanggil beberapa partner permintaan (ad exchange / jaringan iklan) secara
bersamaan, memastikan persaingan yang ketat dan eCPM yang lebih tinggi. Namun, untuk mendapatkan hasil terbaik
dari penawaran tajuk, Blog Blog Anda harus melebihi setidaknya satu juta
tampilan halaman per bulan. Jika Blog Blog Anda mempunyai lebih dari satu juta
tampilan halaman, Blog Blog Anda bisa menggunakan penawaran tajuk. Kami dapat
membantu Blog Blog Anda menyiapkan tawaran tajuk di situs Blog Blog Anda dalam
waktu singkat.
7.
Meningkatkan saran konten.
Sebagian besar penayang pernah bekerja
sama dengan google adsense cenderung mengabaikan dampak konten terhadap
pendapatan iklan mereka. Pengunjung akan
bersedia membaca lebih banyak konten yang menarik dan dibutuhkan oleh
pengunjung. Misalnya, pengguna
membuka halaman melalui pencarian Google dan kemudian membaca konten Blog Blog
Anda seluruhnya. Hal yang bisa dilakukan, Blog Blog Anda dapat merekomendasikan
konten yang sangat relevan kepada pengguna Blog Blog Anda yang memungkinkan
mereka mengeklik dan kemudian melihat konten relevan lainnya.
8.
Meningkatkan trafik organic.
Pengunjung organik cenderung tinggal lebih
lama dan menelusuri halaman Blog Blog Anda jika Blog Blog Anda memiliki konten
yang tepat. Selain itu, Google memiliki lebih banyak data tentang pengunjung
jika mereka mengakses situs Blog Blog Anda melalui pencarian Google. Ini akan memungkinkan pengiklan
(menawar melalui Google Ads) untuk memahami pengunjung dan menawar secara
efektif untuk mendapatkan tayangan. Oleh karena itu, Blog Blog Anda perlu
menganalisis waktu keterlibatan sumber rujukan Blog Blog Anda dan kemudian
menemukan 3 sumber pendapatan trafik teratas untuk difokuskan.
9.
Memilih Ukuran Iklan yang Tepat.
Google menyarankan agar penayang
menggunakan rentang unit iklan yang lebih luas untuk mencapai CPM yang lebih
tinggi dan RPM halaman yang lebih baik. Misalnya, unit iklan seperti persegi
panjang sedang (300 x 250), persegi panjang besar (336 x 280), dan peringkat
(728 x 90) telah terbukti menawarkan pengembalian yang lebih tinggi bagi
penayang (karena permintaan yang lebih tinggi). Pikirkan cara ini. Bila Blog Blog Anda memiliki unit iklan
yang memiliki lebih banyak persaingan, Blog Blog Anda akan mendapatkan RPM
halaman yang lebih baik. Kedua, ukuran iklan yang lebih besar cenderung
memiliki RKT yang lebih tinggi dan selanjutnya dapat meningkatkan RPM laman Blog
Blog Anda. Selain itu, Blog Blog Anda juga harus mempertimbangkan visibilitas.
Semakin tinggi visibilitasnya, semakin baik tingkat iklannya.
10.
Coba Refresh Iklan.
Alih-alih menambah jumlah unit iklan, Blog
Blog Anda dapat menggunakan cara dengan merefresh iklan. Tetapi Blog Blog Anda
tidak dapat memperbarui iklan Adsense (Google mencegah penerbit memperbarui
iklan Adsense). Blog Blog Anda dapat meminta bantuan dengan beberapa jaringan
iklan dan kemudian menerapkan refresh iklan tanpa ada masalah. Setiap kali Adsense gagal menayangkan
iklan, Blog Blog Anda dapat mengizinkan jaringan iklan lain untuk menawar dan
mendapatkan tayangan iklan. Iklan sebenarnya dapat Blog Blog Anda refresh. Jika
tidak, Blog Blog Anda dapat mendaftar ke Google Ad Exchange dan memperbarui
iklan dari penyedia tersebut. Google
Adsense adalah salah satu cara yang sangat mudah untuk mendapatkan penghasilan
dari blog atau website, jadi tidak heran jika banyak orang berbondong-bondong
mendaftar ke Google Adsense.
Memahami Page View, CPC, CTR dan RPM dalam Adsense
Ketika
kita berinteraksi dengan google adsense kita akan mengenal beberapa istilah
yang sering kita jumpai ketika memantau perkembangan pendapatan adsense yang
kita miliki, beberapa istilah tersebut diantaranya adalah Page Impression, CPC,
CTR, CPM dan eCPM, sebenarnya istilah tersebut adalah informasi analisa yang di
berikan oleh google adsense untuk para publishernya, menanyangkut data yang
berkaitan dengan penghasilan adsense yang mereka dapatkan.
1.
Page View
Page
View / Page impression atau impressi bisa kita terjemahkan “Tampilnya halaman”,
adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung kode unit
iklan ditampilkan oleh pengunjung blog atau situs, nilainya tidak dipengaruhi
oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman tersebut, jika iklan yang kita
letakan pada halaman yang ditampilkan berjumlah 3 buah unit iklan, kemudian
halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka Page impressionnya tetap saja
adalah 10.
Istilah Impression bukan hanya pada google adsense, namun istilah ini dikenal juga untuk webmaster tool, jika di google adsense impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan adsense tampil, sedangkan untuk di webmaster istilah impression berkaitan dengan julah halaman ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian, semakin banyak impression maka itu menunjukan bahwa halaman dalam blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari.
2.
Click
Untuk mendifinisikan klik yang berkatan dengan unit iklan adsense adalah bahwa klik disini mengandunga arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan adsense yang kita pasang.
CPC (Cost Per Click)
CPC
adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, CPC (Cost Per Click)
adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap
klik iklannya, setiap kali iklan adsense tersebut di klik pengunjung maka
dollar yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut. semakin
besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita mendapatkan dollar
dari iklan tersebut.
Banyak
faktor yang bisa mempengaruhi nilai CPC setiap iklan adsense, diantaranya
adalah jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang dipilih, sumber pengunjung
dan lain sebagainya, untuk mengetahu informasi mengenai CPC silahkan baca juga
Tips memaksimalkan pendapatan google adsense
Google sangat merahasiakan nilai CPC untuk setiap iklannya, hanya advertiser dan pihak google adsense saja yang lebih tau mengenai nilai CPC untuk tiap unit iklannya, namun untuk saat ini ada tool yang bisa kita gunakan untuk memprediksi nilai CPC, nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda satu sama lain tergantung dari kata kunci tertentu, salah satu tool yang sangat recomended untuk menemukan kata kunci yang memiliki nilai CPC tinggi atau lebih dikenal dengan istilah high paying keyword adalah SEMRush, caranya Blog Blog Anda bisa baca tentang Cara menemukan High Paying Keyword pada google adsense.
3.
CTR (Click Through Rate)
CTR
(Click throught rate) adalah perbandingan dalam bentuk persentase unuk
menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan
tampil, jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut
mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai
berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan
mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan
tersebut adalah 1%.
Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan, prilaku normal klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi referensi google maupun publisher untuk memantau prilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan, nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, namun jikal nilai CTR lebih dari 100% berarti itu sudah terindikasi adanya tindakan tidak normal, kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bom klik, klik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali, kita harus terus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%, jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bomklik maka resikonya adalah akun adsense kita dibanned, nilai CTR diatas 100% bisa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tersebut tampil.
4.
RPM (Rvenue Per Thoushand Impression)
RPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.
5.
Estimated Earning
Estimated
Earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan
adsense yang kita pasang, nilai estimated earning adalah hasil kali antara
Jumlah click dengan CPC, semakin besar nilai CPC maka akan semakin bersar pula
estimated earning yang akan kita peroleh, kemudian juga semakin banyak jumlah
klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang kita peroleh.
17 Niche RPM Tinggi (Niches Blog yang Menguntungkan
Akan Dimulai pada TAHUN 2023)
Apakah
Blog Blog Anda berpikir untuk memulai blog dan ingin tahu ceruk RPM tinggi mana
yang harus Blog Blog Anda salami ?
Jika
Blog Blog Anda menggaruk-garuk kepala dengan penuh semangat mencoba menemukan
ceruk RPM tinggi yang Blog Blog Anda minati dan dapat menghasilkan uang, tetapi
Blog Blog Anda juga khawatir jika Blog Blog Anda perlu menjadi ahli dalam ceruk
RPM tinggi untuk menulisnya?
Jika
Blog Blog Anda menjawab ya untuk salah satu pertanyaan di atas, maka Blog Blog
Anda berada di tempat yang tepat!
Artikel
ini tidak hanya akan membahas ceruk RPM tinggi yang menguntungkan bagi Blog Blog
Anda untuk memulai perjalanan blogging Blog Blog Anda.
Tetapi
juga akan ada informasi faktual, menyoroti setiap RPM tinggi oleh Niche dan
mengapa mereka adalah ceruk RPM tinggi yang akan membantu Blog Blog Anda
mendapatkan penghasilan pasif untuk jangka panjang.
17
Relung RPM Tinggi dalam Rangkuman
Jika
Anda kekurangan waktu, berikut adalah ringkasan cepat dari ceruk RPM tertinggi
untuk dipertimbangkan :
1.
DIY
arti dan Tren DIY (Do It Yourself) pada kehidupan sehari-hari
2.
Pets
3.
Apparel
And Fashion
4.
Beauty
And Makeup
5.
Travel
6.
Automotive
7.
Gardening
8.
General
Knowledge
9.
Hobbies
10. Food And Cooking
11. Fitness And Sports
12. Blogging and
Making Money Online
13. Parenting
14. Legal
15. Personal
Development and Self-Care
16. Finance
17. Digital Marketing