Biaya per klik rata-rata (CPC Rata2)
Jumlah
rata-rata yang ditagih kepada Anda untuk klik pada iklan. Biaya per klik
rata-rata (CPC rata2) dihitung dengan membagi total biaya klik dengan total
jumlah klik.
CPC
rata-rata didasarkan pada biaya per klik aktual (CPC aktual), yaitu jumlah
aktual yang ditagih kepada Anda untuk sebuah klik pada iklan. Perhatikan bahwa
CPC rata-rata mungkin berbeda dengan biaya per klik maksimum (CPC maks), yang
merupakan jumlah tertinggi yang bersedia Anda bayar untuk sebuah klik.
Berikut
adalah contoh cara menghitung CPC rata-rata. Misalnya, iklan Anda mendapatkan
dua klik, satu berbiaya Rp2.000 dan satu lagi seharga Rp4000, dengan total
biaya sebesar Rp6.000. Anda membagi Rp6.000 (total biaya) dengan 2 (total
jumlah klik) untuk mendapatkan CPC rata-rata sebesar Rp3.000.
Anda
dapat menemukan jumlah CPC rata-rata di kolom "CPC Rata2" pada
Kampanye.
Untuk
Iklan Hotel, CPC Rata2 terkadang dapat lebih tinggi daripada CPC Maks karena
CPC Maks dikalikan dengan jumlah malam dalam itinerari. Misalnya, jika CPC Maks
ditetapkan sebesar Rp20.000, biaya maksimal yang akan dikenakan pada sebuah
klik untuk lama menginap 1 malam adalah Rp20.000. Untuk lama menginap 3 malam,
biaya maksimal yang akan dikenakan pada sebuah klik adalah Rp60.000. CPC Rata2
akan mencerminkan harga penuh yang Anda bayar untuk setiap klik.
Apakah
Anda baru memulai dan ingin mengetahui gambaran jumlah rata-rata yang mungkin
ditagih untuk sebuah klik? Anda dapat menggunakan Perencana Kata Kunci untuk
mendapatkan taksiran jumlah BPK rata-rata bagi kampanye Jaringan Penelusuran.
Keyword Planner
Keyword
Planner adalah sebuah alat yang memberikan ide kata kunci dan estimasi traffic
untuk membantu Anda membuat kampanye Penelusuran.
Telusuri
ide kata kunci dan grup iklan berdasarkan istilah yang menggambarkan produk
atau layanan, situs, atau kategori produk yang terkait dengan apa yang Anda
iklankan. Anda juga dapat memasukkan atau mengunggah daftar kata kunci. Dan
Anda dapat menggandakan dua atau beberapa daftar kata kunci untuk membuat
daftar baru yang menggabungkan kata kunci Anda.
Dapatkan
statistik historis, seperti frekuensi orang-orang telah menelusuri kata kunci
atau seberapa kompetitif kata kunci tersebut.
Anda
juga bisa mendapatkan estimasi traffic, seperti jumlah klik dan tayangan yang
mungkin diperoleh kata kunci Anda untuk jumlah bid dan anggaran tertentu.
Menggunakan Keyword Planner
Tips
:
Jika
bisnis Anda terpengaruh oleh perubahan pasar, sebaiknya buat rencana setiap
minggu, bukan setiap bulan atau setiap tiga bulan, hingga pasar stabil.
Perkiraan
Keyword Planner diperbarui setiap hari dan berdasarkan data dari 7–10 hari
terakhir, disesuaikan dengan tren musiman. Perkiraan Anda akan mempertimbangkan
dampak perubahan pasar selama jangka waktu ini. Kami telah memperbarui model
musiman kami untuk memperhitungkan kondisi pasar saat ini.
Keyword
Planner membantu Anda melakukan riset kata kunci untuk kampanye Penelusuran.
Anda
dapat menggunakan alat gratis ini untuk menemukan kata kunci baru yang terkait
dengan bisnis Anda dan melihat estimasi penelusuran yang diterima serta biaya
untuk menargetkannya.
Keyword
Planner juga menyediakan cara lain untuk membuat kampanye Penelusuran yang
didasarkan pada riset kata kunci yang mendalam.
Manfaat
Temukan
kata kunci baru: Dapatkan saran untuk kata kunci yang terkait dengan produk,
layanan, atau situs Anda.
Lihat
penelusuran bulanan: Lihat estimasi jumlah penelusuran yang diperoleh kata
kunci setiap bulan.
Tentukan
biaya: Lihat biaya rata-rata iklan Anda untuk ditampilkan pada penelusuran kata
kunci.
Kelola
kata kunci: Lihat bagaimana kata kunci Anda dimasukkan ke berbagai kategori
yang terkait dengan merek Anda.
Buat
kampanye baru: Gunakan rencana kata kunci untuk membuat kampanye baru yang
didasarkan pada riset kata kunci yang mendalam.
Perhatikan
bahwa meskipun Keyword Planner dapat menyediakan analisis tentang penargetan
kata kunci, performa kampanye akan bergantung pada berbagai faktor. Misalnya,
bid, anggaran, produk, dan perilaku pelanggan di industri, semuanya dapat
memengaruhi keberhasilan kampanye Anda.
Petunjuk untuk mengakses Keyword Planner
Akun
Anda harus menggunakan Mode Pakar. Anda tidak akan dapat mengakses Keyword
Planner jika akun Anda menggunakan Mode Pintar.
Anda
harus menyelesaikan pembuatan akun dengan memasukkan informasi penagihan dan
membuat kampanye. Jika Anda belum siap untuk membelanjakan uang, Anda dapat
memilih untuk menjeda kampanye.
1.
Buat rencana kata kunci
Setelah
Anda membuka Keyword Planner, ada 2 cara untuk membuat rencana kata kunci:
Telusuri
kata kunci baru dengan mengklik Temukan kata kunci baru.
Upload
kata kunci yang ada dengan mengklik Dapatkan volume penelusuran dan perkiraan.
2.
Pahami perkiraan kata kunci Anda
Perkiraan
rencana akan menunjukkan jumlah konversi, klik, atau tayangan yang kemungkinan
Anda dapatkan untuk kata kunci berdasarkan pembelanjaan Anda. Pelajari
perkiraan Keyword Planner lebih lanjut.
3.
Atur kata kunci ke dalam grup iklan (hanya dalam bahasa Inggris).
Mengirim
masukan kepada kami
Kami
ingin mengetahui apa saja yang menurut Anda bagus di Google Ads dan apa saja
yang dapat ditingkatkan. Untuk menyampaikan opini Anda, klik ikon bantuan di sisi kanan atas akun, lalu klik Berikan
masukan.